Senin, September 01, 2008

Kesucian seorang wanita dengan menjaga kehormatannya


Saudariku muslimah......sekarang tibalah kita berbicara tentang sebab ketiga yang mengantarkan kepada Syurga Allah ta'ala yaitu kesucian seorang muslimah dengan menjaga kehormatannya.

Hakikat sebab yang ketiga adalah hendaklah seorang muslimat menjaga kesucian dan kehormatannya dengan menjauhi segala hal yang bisa menyeret kepada hilangnya penjagaan tersebut.
seorang muslimah yang bertakwa , dia selalu mengetahui bahwa kadar kecintaan Allah ta'ala kepadanya dan pengakuan semua orang akan keutamaannya tergantung sejauh mana dia menjaga kehormatannya dan orang yang paling cepat mengakui keutamaannya adalah suaminya, kalau memang dia bersuami.
adapun seorang muslimah yang gampangan yang tidak menjaga kesucian nya maka dia keluar dari rumahnya dengan membuka auratnya, menampakkan keindahan tubuhnya yang menimbulkan fitnah dan mendorong orang untuk memandang kemolekannya.
dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda :" ... dan wanita - wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang, melenggak lenggokan kepala mereka karena sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan akan seperti punuk onta. mereka tidak masuk syurga dan tidak mendapatkan wanginya syurga padahal wanginya bisa didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian. " (HR. Muslim dan Ahmad dari Abu Hurairah 'anhu)
dari Imran bin husain dia berkata : " Rasulullah bersabda " Sesungguhnya penduduka syurga yang paling sedikit adalah wanita ." (HR. Muslim dan Ahmad)
Imam Qurthubi Rahimahullah mengomentari hadist diatas dengan pernyataannya :" penyebab sedikitnya kaum wanita masuk syurga adalah hawa nafsu yang mendominasi pada diri mereka, kecondongan mereka kepada kesenangan - kesenangan dunia, dan berpaling dari akherat karena kurangnya akal mereka dan mudahnya mereka untuk tertipu dengan kesenangan - kesenangan dunia yang menyebabkan mereka lemah untuk beramal.

Wanita yang demikian, apa yang akan dikatakan dihadapan Rabbnya ?

Sungguh Allah telah menghitung amal - amalnya dan mengawasi perbuatan - perbuatannya, tidak ada satu kalimatpun yang ia lafazh kan kecuali ditulis dilembaran bukunya, dan tidak satu perbuatan pun yang ia lakukan kecuali ditulis diatasnya hingga tibalah buku itu disebar didepan matanya pada hari kiamat, ketika dikatakan kepada :" bacalah kitabmu dan lihatlah amal- amalmu serta cukuplah dirimu seabgai penghitung dan penghukum atas dirimu."
Firman Allah yang artinya :" Dan tiap - tiap manusia itu telah kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. dan kami keluarkan baginya pada hari kiaman sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. Bacalah kitabmu , cukuplah dirimu sendiri pada waktu itu sebagai penghisab terhadapmu. " (Al-Isra' : 13-14)
dari sini saudariku muslimah, saya hanya ingin mengingatkan kepadamu sodariku terutama ingatan ini saya khususkan untuk diri saya sendiri tentang suatu perkara yang dilakukan mayoritas muslimah, sedang kan mereka tidak merasa.
bukan termasuk dari ajaran Islam engkau keluar rumah sementara suamimu (bagi yang telah memiliki suami) tidak ada dirumah padahal ia belum mengizinkan engkau untuk keluar. apabila engkau keluar tanpa persetujuannya dan dia tidak mengetahui karena memang dia sedang tidak ada maka engkau telah tenggelam dalam dosa, dan engkau telah melakukan perbuatan yang menodai kesucian dirimu sementara engkau tidak merasa. bukankah hal ini sering kita lakukan saudariku... dengan berbagai alasan kita kemukakan untuk suatu pembenaran ? padahal zaman sudah canggih, jika kita ingin keluar dan suami tidak ada dirumah kita bisa minta ijin beliau walau pun saat itu beliau tidak ada dirumah. tapi hendaklah kita keluar untuk urusan yang memang mendesak dan tidak menimbulkan satu fitnah.
saudariku... jika suami mengizinkan mu untuk keluar selama ia tidak ada. maka hendaklah engkau senantiasa merasa dalam pengawasan Allah atas segala gerak gerikmu sampai engkau kemblai ke rumahmu.
Apabila engkau keluar dan berada dijalan hendaknya engkau menjaga kesucianmu.dari sinilah niscaya engkau bisa meraih sebab ketiga dari sebab-sebab masuk syurga. insya Allah.
Firman Allah :" dan tinggallah kalian dirumah - rumah kalian dan jangalah kalian bertabbaruj dengan tabbarujnya orang - orang zaman jahiliyyah pertama dahulu . " (Qs. Al-Azhab;33)

bersambung..............











Tidak ada komentar: